Monday 30 October 2017

Pengertian Balancing OTC atau Finish Balance

Pengertian finish balance - On the car wheel balancing atau yang sering disebut dengan istilah balancing OTC atau finish balancing adalah salah satu metode melakukan balancing atau menyeimbangkan putaran ban dan velg yang dikerjakan langsung pada roda kendaran.

Berbeda dengan balancing biasa yang harus melepas roda kendaraan dan memasangkan roda - roda tersebut ke mesin balancing.

Pengertian Balancing OTC atau Finish Balance


Kelebihan balancing OTC

Finish balance memiliki kelebihan yang mana dapat mengatasi masalah setir bergetar di kecepatan yang tinggi diatas 100km/jam sehingga balancing model ini sangat cocok untuk mobil yang suka diajak kebut kebutan.

Pada OTC blancing ini, yang di hitung adalah keseluruhan beban yang ada pada poros roda kendaraan, termasuk didalamnya adalah cakram rem mobil maupun dudukan roda meskipun timah pemberat dipasangkan pada velg sehingga keseluruhan poros penggerak menjadi seimbang putarannya.

Hal ini tentu berbeda dengan balancing biasa yang prosesnya harus melepas roda dan memasangkannya ke mesin wheel balancer. Metode ini memang membuat putaran ban dan velg seimbang ( balan ) namun setelah dipasangkan ke roda pasti hasilnya berbeda karena putaran poros roda, cakram dan lain sebaginya yang tidak seimbang.

Baca juga : Nih waktu yang tepat untuk spooring dan balancing mobil kesayanganmu

Dari kedua metode balancing, antara balancing biasa dengan balancing OTC adalah sebagai berikut :

#Balancing biasa


  • Harga jasa yang dikenakan tergolong murah.
  • Pengerjaan cukup memakan waktu lama karena harus melepas ban terlebih dahulu dan memasangkannya ke mesin balancer.
  • Kurang mampu mengatasi keluhan setir getar saat mobil digunakan pada kecepatan tinggi.
  • Menuntut kondisi velg serta ban yang bagus ( ban tidak benjol / mengayun, velg tidak peyang dsb ).


#Balancing OTC


  • Harga jasa yang dikenakan lebih mahal.
  • Pengerjaan lebih praktis dan cepat karena tidak perlu membongkar roda dari mobil ( langsung dikerjakan di mobil tanpa melepas roda terlebih dahulu ).
  • Sangat bagus untuk mengatasi keluhan setir bergetar saat mobil melaju di kecepatan tinggi.
  • Menuntut kondisi understeel, sistem suspensi dan juga kondisi velg serta ban harus dalam keadaan bagus untuk hasil yang maksimal.


Baca juga : Pengertian PCD pada velg mobil dan cara mengukurnya

Nah semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih sudah membaca dan jangan lupa untuk di share artikelnya :). Salam oromotif.



Pengertian Balancing OTC atau Finish Balance Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Suryo Tedjo

0 comments:

Post a Comment